Volume Kubus

Volume Kubus. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kita jumpai benda-benda yang berbentuk kubus, seperti : dadu, lemari es, dan sebagainya. Kubus dapat kita definisikan sebagai bangun ruang yang memiliki enam bidang sisi yang berbentuk persegi.

Sisi sebuah kubus adalah bidang batas suatu kubus. Kubus mempunyai enam sisi. Keenam sisinya sebangun dan sama besar. Kubus memiliki sifat-sifat hampir sama dengan balok.

Perbedaannya hanya pada panjang rusuknya, rusuk kubus memiliki panjang yang sama. Kubus memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Kubus juga disebut bidang enam beraturan, selain itu juga merupakan bentuk khusus dalam prisma segiempat.

Unsur – Unsur Kubus

A. Rusuk

Rusuk adalah garis yang merupakan pertemuan / perpotongan dua sisi. Pada kubus terdapat 12 rusuk. Pada kubus rusuk yang dimiliki sama panjang. Contoh:

  • Rusuk alas : AB, BC, CD, AD
  • Rusuk tegak : AE, BF, CG, EH
  • Rusuk atap : EF, FG, GH, EH

B. Bidang / Sisi

Suatu bangun ruang dibatasi oleh bidang batas. Bidang batas itu disebut sisi. Misalnya sisi atas , sisi alas / bawah , sisi tegak. Banyaknya sisi kubus sebanyak enam sisi, yaitu :

  • Sisi alas : ABCD
  • Sisi atas : EFGH
  • Sisi kanan : BCGF
  • Sisi kiri : ADHE
  • Sisi depan : ABFE
  • Sisi belakang : CDHG

C. Titik Sudut

Terdapat 8 titik sudut pada bangun ini. Penamaan titik sudut ini menggunakan huruf kapital, titik sudut merupakan pertemuan 3 rusuk yang bertemu pada satu titik, yaitu : A, B, C, D, E, F, G, dan H.

D. Diagonal Sisi

Diagonal sisi adalah ruas garis yang terbentuk oleh sudut yang berhadapan pada satu bidang. Pada kubus terdapat 12 diagonal sisi, hal ini karena kubus mempunyai 6 bidang/sisi masing-masing bidang tersebut memiliki 2 sudut yang berhadapan maka terdapat 2 diagonal sisi, maka 2 x 6 (banyaknya sisi) = 12.

Contoh: AC, BD, AF, BE, AH, DE, BG, CF, DG, CH, EG, dan FH.

E. Diagonal Ruang

Diagonal ruang adalah ruas garis yang terbentuk oleh sudut yang berhadapan pada satu ruang. Kubus memiliki 4 diagonal ruang, yaitu: AG, BH, CE, DF.

F. Bidang Diagonal

Bidang diagonal adalah bidang yang menghubungkan rusuk-rusuk yang berhadapan, sejajar, dan tidak terletak pada satu bidang suatu bangun/ bidang yang melalui diagonal alas dan rusuk tegak.

Terdapat 6 bidang diagonal pada kubus. Bidang diagonal ini terdapat pada bagian dalam yang berbentuk persegi panjang, yaitu: ACGE, BFHD, BCHE, ADGF, CDFE, dan ABGH.

G. Jaring – Jaring Kubus

Rumus – Rumus Kubus

A. Volume Kubus

Vol  = r x r x r
= r³

B. Luas Permukaan Kubus

L = 6 x r²
= 6r²

Keterangan :
V = Volume
r = Rusuk

Contoh Soal Kubus

Contoh soal :

Sebuah kubus memiliki panjang rusuk 12 cm. Tentukan volume dan luas permukaanya !

Jawab :
Volume = r³
= 12³
= 1.728 cm³

Untuk kubus yang sudah diketahui volumenya, untuk mencari panjang rusuk (r) menggunakan ³√volume.

Luas permukaan = 6r²
= 6 x 12²
= 6 x 144
= 864 cm²

Category:
Matematika
Tags: