Macam Macam Sistem Organ dan Organisme

Unit terkecil penyusun tubuh setiap makhluk hidup disebut sel. Kumpulan sel-sel tersebut akan membentuk jaringan,  jaringan-jaringan akan membentuk organ, organ-organ akan membentuk sistem organ dan akhirnya  terbentuk organisme. Organisme adalah makhluk hidup terdiri dari banyak komponen yang saling terkait dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Organisme hadir dalam berbagai ukuran, bentuk dan gaya hidup, tetapi mereka semua berbagi beberapa ciri yang sama. Berdasarkan jumlah sel penyusunnya, makhluk hidup dibedakan atas uniseluler dan multiseluler.

Sistem organ adalah organ-organ yang bekerja bersama-sama membentuk sistem tertentu. Suatu organ di dalam tubuh tidak akan mampu melaksanakan fungsi hidup dengan baik tanpa bekerjasama dengan organ lain. Pada manusia terdapat banyak sistem organ, diantaranya adalah sistem pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pernafasan, sistem saraf, sistem indera, sistem hormon, sistem pengeluaran, sistem rangka dan sistem gerak.

Pada tumbuhan, sistem organnya lebih sederhana karena organ pokoknya hanya ada tiga, yaitu akar, batang dan daun. Namun diantara ketiganya, terjadi hubungan yang erat antara berbagai jaringan penyusun tubuhnya. Oleh karena itu, tumbuhan memiliki sistem organ yang tidak sekompleks seperti yang ada pada hewan.

Sistem organ merupakan bentuk kerja sama antarorgan untuk melakukan fungsinya. Dalam melaksanakan kerja sama ini, setiap organ tidak bekerja sendiri- sendiri, melainkan organ- organ saling bergantung dan saling mempengaruhi satu sama  lain. Tanpa ada saling mempengaruhi satu sama lain. Tanpa ada kerja sama dengan organ lain proses tubuh tidak akan terjadi. Berikut ini beberapa contoh sistemorgan pada makhluk hidup.

No. Sistem Organ Gambar Organ Fungsi
1. Sistem pencernaan
  1. Mulut (lidah, gigi),
  2. faring,
  3. esofagus,
  4. lambung,
  5. usus halus,
  6. usus besar,
  7. hati,
  8. rektum,
  9. pankreas,
  10. anus
Mencerna makanan, mengabsorbsi molekul-molekul makanan yang sudah disederhanakan
2. Sistem pernapasan
  1. Hidung,
  2. faring,
  3. epiglottis,
  4. laring,
  5. trakea,
  6. bronkus,
  7. paru-paru,
  8. diafragma
Pertukaran gas oksigen dan korbondioksida
3. Sistem gerak (rangka)
Tulang Menyokong dan melindungi organ dalam
4. Otot Otot Menggerakan tulang
5. Sistem transportasi/ sirkulasi/ peredaran darah

Jantung, arteri, vena, kapiler, dan sel-sel darah. Mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh sel tubuh, dan mengangkut zat hasil metabolisme yang tidak berguna keluar dari sel tubuh, serta melindungi tubuh dari mikroorganisme
penyebab penyakit.
6. Sistem saraf
Badan Sel (Perikarion), Dendrit, Akson, Nodus Ranvier : Sistem koordinasi atau pengatur seluruh aktifitas tubuh 
7. Sistem reproduksi

Wanita ;ovarium, tuba falopi, rahim, dan vagina Laki-laki : testis, vasdeveren dan penis Perkembangbiakan
8. Sistem ekskresi
Paru-paru, ginjal, kulit, dan hati Mengeluarkan sisa metabolisme yang tidak terpakai dari dalam tubuh dan menjaga keseimbangan sel dengan lingkungannya
Category:
Ilmu Pengetahuan
Tags:

,