Menyusun Paragraf Berdasarkan Gambar

Gambar seri adalah rangkaian gambar yang menceritakan suatu peristiwa. Setiap gambar menceritakan bagian dari cerita tersebut. Gambar tersebut dapat disusun secara urut sehingga membentuk sebuah cerita yang runtut. Langkah pertama mengurutkan gambar seri adalah menemukan judl cerita dalam gambar seri tersebut. Setelah menemukan judul dalam gambar seri tersebut, selanjutnya adalah menentukan peristiwa pertama yang mungkin terjadi dalam gambar tersebut Selanjutnya, menentukan peristiwa yang lain yang disusun secara logis sehingga membentuk cerita yang runtut.

Berikut ini adalah langkah-langkah menulis karangan berdasarkan gambar.
a. Berilah judul yang sesuai.
b. Apabila gambar belum urut, urutkan gambar-gambar yang ada secara logis.
c. Buatlah kalimat yang menceritakan gambar tersebut.
d. Susunlah kalimat-kalimat tersebut dengan baik, sehingga menjadi sebuah cerita.

Perhatikan gambar seri berikut ini !

  • Judul pada gambar tersebut adalah Kecelakaan Sepeda Motor;
  • Gambar tersebut belum urut, urutkan yang logis adalah sebagai berikut : 4), 2), 3), dan 1

kita juga dapat menyusun sebuah paragraf berdasarkan gambar. Untuk menyusun paragraf berdasarkan gambar perlu diperhatikan gambar dengan teliti
Contoh 1 :

Dari gambar tersebut dapat disusun sebuah paragraf sebagai berikut :
Rani membawakan sebuah lagu dalam acara perpisahan siswa kelas VI. Banyak siswa lain yang menyaksikan penampilan Rani. Mereka kagum dengan kemampuan Rani menyanyikan sebuah lagu.

Perhatikan gambar di samping ! Dari gambar tersebut dapat kita susun sebuah paragraf seperti berikut ini :

Kendaraan ini hingga kina masih digunakan. Rodanya ada dua. Ada yang dilengkapi lonceng dan ada pula keranjang kecil untuk menyimpan perbekalan. Kendaraan ini ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar minyak. Pengendaranya harus mengayuh kendaraan ini.

Contoh 3


Perhatikan gambar di samping ! Dari gambar tersebut dapat kita susun sebuah paragraf seperti berikut ini :
Anak-anak sedang membersihkan halaman. Mereka bekerja secara bergotong-royong. Mereka mengambil sampah yang berserakan dari halaman sekolah. Sampah-sampah itu mereka kumpulkan dalam tong sampah. Setelah tong sampah tersebut penuh, baru dibawa ke tempat pembuangan sampah.

Category:
Ilmu Pengetahuan
Tags: