Menyampaikan Pesan / Informasi

Sebagai anggota masyarakat setiap hari kita berkomunikasi dengan orang lain. Komunikasi dalam kehidupan manusia sangat penting, karena dengan komunikasi dapat menjembatani segala bentuk ide / pesan yang akan disampaikan seseorang.

Dalam setiap melakukan komunikasi unsur penting diantaranya adalah pesan, karena pesan disampaikan melalui cara yang tepat, bahasa yang di mengerti, kata-kata yang sederhana dan sesuai dengan maksud, serta tujuan pesan itu akan disampaikan dan mudah diterima oleh orang lain.

Pengertian Pesan / Informasi

Pesan adalah: “suatu bagian dalam proses komunikasi berupa paduan dari pikiran dan perasaan seseorang dengan menggunakan lambang, bahasa/lambang-lambang lainnya disampaikan kepada orang lain”.

Sedangkan informasi adalah pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi.

Dalam menyampaikan pesan / informasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pesan/informasi dapat tersampaikan dengan baik. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika menyampaikan pesan / informasi kepada orang lain :

  • Ingat-ingatlah pokok-pokok informasi yang hendak kamu sampaikan.
  • Sampaikan informasi itu kepada orang lain dengan runtut, baik, dan benar. Runtut, artinya informasi yang disampaikan urut dari awal sampai akhir dan antar informasi saling berhubungan.
  • Informasi diucapkan dengan jelas dan dengan nada yang meyakinkan.

Contoh Menyampaikan Pesan / Informasi Yang Baik

Perhatikan contoh berikut :

Lompat Batu Suku Nias

Permukiman yang ditempati suku Nias terkenal dengan atraksi lompat batu. Orang-orang telah berkumpul untuk menyaksi kan atraksi lompat batu tersebut. Dahulu, atraksi lompat batu ini dilakukan untuk merayakan seorang anak yang beranjak dewasa dan dianggap siap untuk berperang. Anak dianggap dewasa jika dia mampu meloncati tumpukan batu setinggi dua meter.

Sekarang, atraksi lompat batu mirip dengan olah raga lompat tinggi. Bedanya, olah raga lompat tinggi menggunakan alat seperti galah, sedangkan lompat batu tidak menggunakan alat apa pun. Lompat batu di Nias merupakan bentuk tradisi sekaligus olah raga tradisional yang unik.

Dari bacaan di atas dapat ditentukan pokok-pokok informasi sebagai berikut :

  • Di Nias acara lompat batu dirayakan untuk menandakan seorang anak telah beranjak dewasa;
  • Anak tersebut dianggap dewasa setelah mampu melocati tumpukan batu setinggi dua meter;
  • Atraksi lompat batu mirip dengan lompat galah, perbedaanya lompat batu tidak menggunakan alat.
  • Lompat batu nias merupakan olah raga tradisional yang unik.

Sampaikan pesan / informasi tersebut dengan baik dan benar.

Category:
Bahasa Indonesia
Tags: