Menanggapi Rubrik Khusus

Pengertian Rubrik Secara Umum

Rubrik adalah kepala karangan (ruangan tetap) dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya. Rubrik yang dimaksud di sini adalah rubrik khusus anak. Banyak sekali rubrik yang dikhusukan untuk anak.

Dengan rubrik ini diharapkan anak-anak dapat memperoleh pengetahuan yang mereka perlukan. Majalah anak juga sangat banyak yang memberikan informasi untuk anak.

Langkah – Langkah Membaca Sekilas Artikel

Tentunya untuk mengetahui informasi apa yang ada dalam sebuah artikel diperlukan langkah-langkah yang jelas. Dalam membaca sekilas artikel, ada beberapa langkah yang harus diterapkan, antara lain sebagai berikut.

  1. Membaca judul dan paragraf pendahuluan dengan cepat.
  2. Membaca paragraf-paragraf berikutnya dengan cepat dan menuliskan pikiran pokoksetiap paragraf.
  3. Memahami isi bacaan melalui pikiran-pikiran pokok paragraf.
  4. Memberi tanggapan terhadap isi bacaan.

Contoh Artikel Dalam Surat Kabar

Perhatikan contoh artikel berikut ini:

Penuhi Asupan Nutrisi Anak Saat Sahur

KOMPAS.com – Setiap orang tua pasti bangga jika anaknya sudah mampu berpuasa seharian penuh. Sebagai hadiahnya, menyediakan menu makanan berbuka yang disukainya.

“Orang tua berpendapat bahwa makanan berbuka penting untuk memenuhi kembali asupan gizi mereka,” ungkap Nutrisionis, Emilia Achmadi, MS, RD, dalam acara media gathering Meadjohnson di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sebenarnya anggapan ini tidak salah, namun yang disayangkan adalah orang tua masih kurang memperhatikan kebutuhan nutrisi anak saat sahur. Emilia mengungkapkan, dibanding dengan saat berbuka, justru sahur punya peranan lebih penting terhadap kebutuhan nutrisi anak.
“Sahur merupakan saat terpenting bagi anak untuk bisa mempersiapkan dirinya berpuasa seharian penuh. Jika nutrisinya tidak lengkap maka ia akan merasa cepat lemas, dan kurang konsentrasi dalam beraktifitas,” bebernya.Sampai saat ini, Emilia mengungkapkan masih banyak orang tua yang cenderung asal-asalan untuk mempersiapkan makan sahur tanpa memperhatikan kebutuhan nutrisi anak. “Jangan biasakan untuk sahur asal-asalan, ajak anak untuk bisa berpuasa dengan sehat tanpa menghambat pertumbuhan dan aktifitas sehari-harinya,” sarannya.

Kamu dapat memberikan tanggapan terhadap isi artikel di atas. Tanggapan itu bisa berupa saran, pertanyaan, atau kritik. Caranya sebagai berikut.

1. Tentukan tanggapan: saran, pertanyaan, atau kritik yang akan kamu sampaikan!
2. Tentukan alasan atas tanggapanmu!
3. Sampaikan tanggapanmu dengan kalimat yang runtut, mudah dipahami, dan

Contoh tanggapan terhadap artikel di atas :

1. Saran

Sebaiknya para ibu tidak asal-asalan dalam mempersiapkan makan sahur, karena kekurangan nutrisi akan mengganggu pertumbuhan dan aktifitas sehari-hari;

2. Kritik

Artikel di atas memberikan informasi mengenai kebutuhan nutrisi anak saat berpuasa. Menurut saya artikel tersebut akan lebih menarik lagi jika ditambahkan dengan jumlah nutrisi yang dibutuhkan seorang anak dalam satu hari.

3. Pertanyaan

Artikel di atas sangat membantu para ibu dalam menyiapkan makan sahur untuk anak-anaknya. Pertanyaan saya adalah : “Apakah semua ibu-ibu mengetahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan anak sehari-hari ?

Category:
Bahasa Indonesia
Tags: