Menentukan Koordinat Letak Tempat

Ketika kita membaca peta, akan ditemukan garis lintang dan garis bujur. Apa itu garis lintang ?

Pengertian Garis Lintang Dan Garis Bujur

Garis lintang adalah garis khayal yang digunakan untuk menentukan lokasi di Bumi terhadap garis khatulistiwa (utara atau selatan).

Posisi lintang merupakan penghitungan sudut dari 0° di khatulistiwa sampai ke +90° di kutub utara dan -90° di kutub selatan. Garis bujur menggambarkan lokasi sebuah tempat di timur atau barat Bumi dari sebuah garis utara-selatan yang disebut Meridian Utama.

Latar Belakang Penentuan Koordinat

Longitude diberikan berdasarkan pengukuran sudut yang berkisar dari 0° di Meridian Utama ke +180° arah timur dan −180° arah barat. Tidak seperti lintang yang memiliki ekuator sebagai posisi awal alami, tidak ada posisi awal alami untuk bujur.

Istilah “meridian” berasal dari bahasa Latin, meridies, yang berarti “tengah hari” (atau “midday” dalam bahasa Inggris). Matahari melintasi titik di atas suatu meridian yang merupakan titik setengah jalan lintasannya antara saat terbit dan tenggelam.

Akar kata Latin yang sama digunakan juga untuk menyebut istilah A.M. dan P.M. yaitu suatu pernyataan waktu untuk memisahkan jam-jam dalam satu hari ketika dinyatakan dalam sistem 12 jam.

Meskipun kartografer Britania Raya telah lama menggunakan meridian Observatorium Greenwich di London, referensi lainnya digunakan di tempat yang berbeda, termasuk Ferro, Roma, Kopenhagen, Yerusalem, Saint Petersburg, Pisa, Paris, Philadelphia, dan Washington, D.C..

Sejarah Asal Mula Penentuan Koordinat

Pada 1884, Konferensi Meridian Internasional mengadopsi meridian Greenwich sebagai Meridian utama universal atau titik nol bujur.

Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar 1°. Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar 1°.

Garis bujur terbagi dua, bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS). Perhatikan peta di bawah ini :

peta

Dari peta tersebut dapat kita tentukan letak beberapa kota dan tempat yang ada di Jawa Tengah. Antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kota Purwokerto terletak di 7°LS-8°LS, dan 109°BT-110°BT;
  • Gunung Merapi terletak di  7°LS-8°LS, dan 110°BT-111°BT;
  • Kota Batang terletak di 6°LS-7°LS, dan 109°BT-110°BT;
  • Kota Rembang terletak di 6 °LS-7 °LS, dan 11°BT-112°BT.

Di mana letak kotamu ?

Category:
Geografi
Tags: