Kekayaan Kebudayaan Dan Kesenian Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki suku bangsa dan bahasa daerah paling banyak di dunia. Ada ribuan suku yang menghuni tanah air Indonesia ini.

Karena itu, ada ribuan& pula jenis kebudayaan dan ke senian di Indonesia. Contohnya, pakaian adat, rumah adat, tarian, dan lain-lain.

Masing-masing suku di Indonesia memiliki adat istiadat yang ber beda- beda. Mereka juga memiliki cara merayakan kegembiraan yang berbeda. Tarian, nyanyian, dan alat musik tradisional di Indonesia tidak terhitung jumlahnya.

Sekadar contoh, berikut ini adalah suku bangsa dan tarian tradisional Indonesia. Di Aceh ada tari Saudati dan tari Saman.

Suku Batak di Sumatra Utara memiliki tari Tor Tor yang indah. Suku Minang di Sumatra Barat memiliki tari Piring yang cantik sekali.

Di Jawa Barat, suku Sunda memiliki tari Jaipong. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, suku Jawa membanggakan tari Serimpi, tari Ngremo, dan tari Gambyong.

Suku Bali di pulau Bali, memiliki banyak sekali tarian. Misalnya tari Legong, tari Kecak, dan tari Pendet.

Kekayaan Ragam Hayati

Selain kaya budaya dan seni, Indonesia juga kaya keragaman hayati. Keragaman hayati tersebut berupa tumbuh-tumbuhan dan hewan. Indonesia adalah salah satu negara yang paling kaya keragaman hayati.

Selain beraneka ragam jenisnya, hewan dan tumbuhan di Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Di Sumatra ada gajah Sumatra, orangutan, dan harimau Sumatra.

Di Kalimantan, kita akan menemukan bekantan, si kera berhidung panjang. Kera ini hanya ada di Indonesia. Di Jawa, kita temukan badak bercula satu yang hanya terdapat di Ujung Kulon.

Di Sulawesi, ada anoa. Di Kepulauan Nusa Tenggara, ada kadal terbesar di dunia yang bernama komodo.

Di pulau Papua, kita akan menemukan burung paling indah di dunia. Namanya burung cenderawasih.

Indonesia juga kaya akan tumbuhan. Tanah Indonesia begitu subur, sehingga hampir semua jenis tumbuhan bisa tumbuh di sini.

Ada banyak jenis buah-buahan, bunga, dan tumbuhan di negeri kita tercinta. Indonesia dikenal dunia karena hutannya yang lebat.

Kayu-kayunya tinggi, besar, rimbun. Karena itulah, Indonesia mendapatkan julukan sebagai paru-paru dunia.

Sebab, hutan Indonesia adalah terluas nomor dua setelah hutan negara Brazil. Di hutan-hutan Indonesia terdapat tanaman-tanaman unik.

Tanaman-tanaman tersebut hanya ada di tanah air kita saja. Di Pulau Sumatra, ada bunga terbesar di dunia. Namanya bunga raflesia. Di Kalimantan ada berbagai ragam bunga anggrek yang langka.

Kekayaan Alam Indonesia

Indonesia juga kaya sumber daya alam, baik di darat maupun di laut. Di darat, Indonesia memiliki kekayaan hutan.

Hutan Indonesia banyak menghasilkan kayu, karet, dan sebagainya. Dengan menjaga dan memeliharanya, hutan-hutan kita akan menjadi sumber kekayaan bangsa yang amat besar.

Sementara itu, laut Indonesia yang amat luas menyediakan kekayaan alam yang tak terhingga. Jutaan jenis ikan menghuni perairan Indonesia.

Tapi ingat, laut Indonesia tidak hanya berisi ikan. Ada terumbu karang yang indah, ada mutiara yang mahal harganya, dan masih banyak lagi.

Jauh di perut bumi, kekayaan alam Indonesia lebih besar lagi. Ada minyak bumi, gas alam, batu bara, emas, besi, timah, tembaga, dan masih banyak lagi.

Category:
PKn
Tags: