Daftar Rumah Adat Di Indonesia

Daftar Rumah Adat di Indonesia. Indonesia memiliki beragam budaya. Tiap suku bangsa memiliki adat istiadat dan budaya sendiri. Budaya dan adat istiadat daerah dapat kita jumpai dalam hidup sehari-hari.

Maka terbentuklah bermacam-macam adat istiadat dan budaya sendiri. Budaya dari suku-suku bangsa tersebut dapat berupa tarian, rumah adat, kesenian, senjata tradisional dan lain sebagainya.

Sebagai bangsa Indonesia kita harus mengenal budaya-budaya daerah lain yang ada di Indonesia. Salah satu kekayaan budaya bangsa kita adalah rumah adat. Rumah adat selain sebagai rumah tempat tinggal juga biasanya simbol status sosial.

Rumah adat juga biasanya berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan upacara adat yang bersifat religius. Seiring dengan berjalannya waktu, fungsi tersebut juga berubah.

Pada satu sisi, sumber daya manusia untuk membangun rumah Adat itu sudah mulai berkurang, di sisi lain bahan sulit di dapat, bila di dapatkan maka harganya akan jauh lebih mahal.

Sehingga masyarakat memilih membangun rumah yang sederhana dengan bahan-bahan yang terjangkau harga dan kualitasnya lumayan (bahan-bahan modern). Berikut beberapa rumah adat yang ada di Indonesia.

Rumah Joglo

Joglo adalah rumah adat masyarakat Jawa (Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY). Terdiri dari 2 bagian utama yakni pendapa dan dalam.

Bagian pendapa adalah bagian depan Joglo yang mempunyai ruangan luas tanpa sekat-sekat, biasanya digunakan untuk menerima tamu atau ruang bermain anak dan tempat bersantai keluarga.

Bagian dalam adalah bagian dalam rumah yang berupa ruangan kamar,ruang kamar dan ruangan lainnya yang bersifat lebih privasi. Ciri-ciri bangunan adalah pada bagian atap pendapanya yang menjulang tinggi seperti gunung.

Jenis rumah Joglo antara lain : Joglo Limasan Lawakan (atau “Joglo Lawakan”), Joglo Sinom, Joglo Jompongan, Joglo Pangrawit, Joglo Mangkurat, Joglo Hageng, Joglo Semar Tinandhu.

joglo

Rumah Gadang

Rumah Gadang atau Rumah Godang adalah nama untuk rumah adat Minangkabau yang merupakan rumah tradisional dan banyak di jumpai di provinsi Sumatera Barat, Indonesia.

Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama Rumah Bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama Rumah Baanjung.

Namun demikian tidak semua kawasan di Minangkabau (darek) yang boleh didirikan rumah adat ini, hanya pada kawasan yang sudah memiliki status sebagai nagari saja Rumah Gadang ini boleh didirikan.

Begitu juga pada kawasan yang disebut dengan rantau, rumah adat ini juga dahulunya tidak ada yang didirikan oleh para perantau Minangkabau.

Rumah Banjar

Rumah Banjar atau Rumah ba-anjung adalah rumah tradisional suku Banjar. Arsitektur tradisional ciri-cirinya antara lain memiliki perlambang, memiliki penekanan pada atap, ornamental, dekoratif dan simetris.

Rumah tradisonal Banjar adalah type-type rumah khas Banjar dengan gaya dan ukirannya sendiri. Umumnya rumah tradisional Banjar dibangun dengan ber-anjung (ba-anjung) yaitu sayap bangunan yang menjorok dari samping kanan dan kiri bangunan utama karena itu disebut Rumah Baanjung.

Anjung merupakan ciri khas rumah tradisional Banjar, walaupun ada pula beberapa type Rumah Banjar yang tidak ber-anjung. Tipe rumah yang paling bernilai tinggi adalah Rumah Bubungan Tinggi yang biasanya dipakai untuk bangunan keraton (Dalam Sultan).

Rumah Tongkonan

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu (saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng).

Di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau. Bagian dalam ruangan dijadikan tempat tidur dan dapur. Tongkonan digunakan juga sebagai tempat untuk menyimpan mayat. Tongkonan berasal dari kata tongkon (artinya duduk bersama-sama).

Tongkonan dibagi berdasarkan tingkatan atau peran dalam masyarakat (strata sosial Masyarakat Toraja). Di depan tongkonan terdapat lumbung padi, yang disebut ‘alang‘. Tiang-tiang lumbung padi ini dibuat dari batang pohon palem (bangah) saat ini sebagian sudah dicor.

Di bagian depan lumbung terdapat berbagai ukiran, antara lain bergambar ayam dan matahari, yang merupakan simbol untuk menyelesaikan perkara.

Daftar Nama Rumah Adat Di Indonesia Di Tiap Provinsi

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah daftar nama rumah adat di Indonesia.

Provinsi Nama Rumah Adat Provinsi Nama Rumah Adat
NAD Rumoh aceh Sumut Rumah balai batak toba
Sumbar Rumah gadang Riau Rumah melayu selaso jatuh kembar
Jambi Rumah panggung Sumsel Rumah limas
Babel Rumah Rakit Bengkulu Rumah Bubungan lima
Lampung Nuwo sesat Jakarta Rumah kebaya
Yogyakarta Rumah joglo Jateng Joglo
Jatim Joglo Jabar Kesepuhan
Bali Gapura candi bentar NTT Sao ata mosa lakitana
NTB Dalam loka samawa Kalbar Rumah panjang
Kalteng Rumah betang Kalsel Rumah banjar
Kaltim Rumah lamin Sulut Rumah bolaang mongondow
Sulteng Souraja / Rumah besar Sulsel Tongkonan
Sultra Laikas Maluku Balieu
Papua Rumah honai Kalut Rumah Baloy
Category:
Ilmu Pengetahuan
Tags: