Daftar Nama Taman Nasional Di Bali Dan Nusa Tenggara

Daftar Nama Taman Nasional Indonesia di Bali dan Nusa Tenggara. Indonesia adalah negara yang kaya akan flora dan fauna, beribu-ribu ragam flora dan fauna ada di Indonesia.

Untuk melindungi flora dan fauna tersebut dibuat Taman Nasional. Taman Nasional yang diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, diantaranya adalah, Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Lorentz di Papua Barat dan,Taman Nasional Ujung Kulon di Banten.

Taman Nasional Gunung Leuser di Sumatera Utara dan Aceh, Taman Nasional Kerinci Seblat di Jambi dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.

Berikut ini daftar nama Taman Nasional yang ada di Bali dan Nsa Tenggara.

Taman Nasional Bali Barat

TN. Bali Barat; Bali, (Jembrana, Buleleng), Taman Nasional Bali Barat terdiri dari berbagai habitat hutan dan sabana.

Di tengah-tengah taman ini didominasi oleh sisa-sisa empat gunung berapi dari zaman Pleistocene, dengan gunung Patas sebagai titik tertinggi di tempat ini.

Sekitar 160 spesies hewan dan tumbuhan dilindungi di taman nasional ini. Hewan-hewan seperti Banteng, Rusa, lutung, kalong dan aneka burung.

Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali di habitat aslinya.

Taman Nasional Gunung Rinjani

TN. Gunung Rinjani; Nusa Tenggara Barat, (Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah).

TNGR memiliki ragam flora antara lain; Jelatang (Laportea stimulans), Dedurenan (Aglaea argentea), Bayur (Pterospermum javanicum), Beringin (Ficus benjamina), Jambu-jambuan (Syzygium sp) Keruing (Dipterocarpus hasseltii), Rerau (D. imbricatus), Cemara Gunung (Casuarina junghuniana) Eidelweis (Anaphalis javanica) dan beberapa macam anggrek hutan endemik yaitu Perisstylus rinjaniensis dan Perisstylus lombokensis.

Sementara ragam fauna yang dimiliki oleh TNGR adalah antara lain; Musang Rinjani (Paradoxurus hemaprhoditus rinjanicus), Rusa (Muntiacus muntjak nainggolani), Lutung Budeng (Trachypithecus auratus kohlbruggei), Trenggiling (Manis javanicus), burung Cikukua Tanduk (Philemon buceroides neglectus), Dawah Hutan (Ducula lacernulata sasakensis), Kepodang Kuduk Hitam (Oriolus chinensis broderipii)

Dan beberapa jenis reptilia ditambah sejumlah jenis ikan air tawar yang hidup di danau Segara Anak, antara lain; Mujair dan Karper.

Taman Nasional Kelimutu

TN. Kelimutu; Nusa Tenggara Timur, (Ende), Taman Nasional Kelimutu terletak di Flores, Indonesia. Taman nasional ini terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung dengan Gunung Kelibara (1.731 m) sebagai puncak tertinggi.

Gunung Kelimutu, terdapat danau Danau tiga warna yang juga merupakan tempat dari Taman Nasional Kelimutu.

Di dalam Taman Nasional Kelimutu, terdapat arboretum, hutan kecil seluas 4,5 hektar yang mewakili koleksi keanekaragaman flora di daerah tersebut. Di sana terdapat 78 jenis pohon yang dikelompokkan ke dalam 36 suku.

Beberapa koleksi flora yang merupakan endemik Kelimutu adalah uta onga (Begonia kelimutuensis), turuwara (Rhododendron renschianum), dan argoni (Vaccinium varingiaefolium).

Argoni yang berbunga kecil putih dan akan berubah menjadi hitam ketika matang, diyakini masyarakat setempat sebagai makanan para dewa.

Taman Nasional Komodo

TN. Komodo; Nusa Tenggara Timur, (Manggarai), Pada tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya.

Di sana terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia.

Bersama dengan komodo, setidaknya 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.

Taman Masional Laiwangi – Wangameti

TN. Laiwangi – Wanggameti; Nusa Tenggara Timur, (Sumba Timur), Di kawasan ini terdapat jenis tumbuhan antara lain jambu hutan (Syzygium sp.), pulai (Alstonia scholaris), beringin (Ficus sp.), kenari (Canarium oleosum), kayu manis (Cinnamomum zeylanicum), honggi (Myristica littoralis), suren (Toona sureni), taduk (Sterculia foetida), kesambi (Schleichera oleosa), dan hangkang (Palaquium obovatum).

Taman Nasional Laiwangi – Wanggameti merupakan habitat dari beberapa satwa liar seperti kera ekor panjang (Macaca fascicularis fascicularis), babi hutan (Sus sp.), biawak (Varanus salvator), ular sanca Timor (Phyton timorensis), dan ayam hutan (Gallus gallus).

Selain itu, merupakan populasi utama burung walik rawamanu (Ptilinopus dohertyi), punai Sumba (Treron teysmannii) dan berbagai jenis burung lainnya seperti gemak Sumba (Turnix everetti), kakatua cempaka (Cacatua sulphurea citrinocristata), nuri (Lorius domicella), sikatan Sumba (Ficedula harterti), kepodang-sungu Sumba (Coracina dohertyi), dan madu Sumba (Nectarinia buettikoferi).

Taman Nasional Manupeu – Tanah Daru

TN. Manupeu – Tanah Daru; Nusa Tenggara Timur, (Sumba Barat), Taman Nasional Manupeu-Tanah Daru memiliki keanekaragaman jenis bernilai tinggi yaitu sekitar 118 jenis tumbuhan.

Diantaranya suren (Toona sureni), taduk (Sterculia foetida), kesambi (Schleichera oleosa), pulai (Alstonia scholaris), asam (Tamarindus indica), kemiri (Aleurites moluccana), jambu hutan (Syzygium sp.), cemara gunung (Casuarina sp.), dan lantana (Lantana camara).

Satwa yang ada pada kawasan taman nasional ini sebanyak 87 jenis burung termasuk 7 jenis endemik pulau Sumba yaitu kakatua cempaka (Cacatua sulphurea citrinocristata), julang Sumba (Rhyticeros everetti), punai Sumba (Treron teysmannii), sikatan Sumba (Ficedula harterti), kepodang-sungu Sumba (Coracina dohertyi), dan madu Sumba (Nectarinia buettikoferi).

Burung julang sumba dan kakatua cempaka merupakan burung yang paling langka dan terancam punah khususnya di Pulau Sumba

Category:
Ilmu Pengetahuan
Tags: